Ikan Cupang Betta taeniata (Banned Betta) adalah salah satu spesies dari 73 spesies ikan cupang. Dari 13 Complex (kelompok) ikan cupang yang ada, Betta Taeniata masuk kedalam Kelompok B. Picta Complex.

Disebut dengan nama banned betta, karena mereka memiliki bentuk tubuh pipih. Di sisinya adalah dua garis horizontal berwarna kuning kecoklatan. Betta Taeniata a ikan cupang jenis mulut brooder. Mereka adalah kuning-hijau. Sirip dubur pendek dengan warna bening. Gill sirip terlihat transparan. Sementara sirip dan ekor sirip perut transparan kuning dengan aksen biru gelap di tepi. Pendek datar berbentuk kepala. Pada tutup insang, ada dua garis horizontal dari bibir ke dasar sirip insang. Betta ini hidup di air dengan pH 7, suhu 25 º C dan 8 º HD kekerasan.

Pada umumnya jenis ikan cupang dikelompokan oleh para penggemar ikan ini menjadi 3 kategori, Ikan cupang aduan (petarung), ikan cupang hias (ikan kontes), ikan cupang alam atau ikan cupang liar (selain aduan dan hias). Usia matang ikan Cupang untuk menjadi induk adalah sekitar usia 5 bulan bagi induk betina dan 7 bulan untuk induk jantan. Cara berkembang biak ikan Cupang ini ada 2 macam yaitu, Bubblenest dan Mouthbreeder.

Ikan Cupang Betta taeniata (Banned Betta)

Makanan ikan Cupang di alam bebas antara lain, zooplankton, nyamuk dan larva serangga lainnya. Makanan untuk ikan Cupang peliharaan antara lain kutu air, cacing sutra, cacing darah, pelet dan lainnya. Panjang hidup ikan Cupang bisa mencapai usia 5 tahun, namun tergantung kondisi atau perawatan dan pemeliharaannya. Sebutan lain dari Ikan hias Cupang atau Betta Fish adalah ikan kuat, ikan aduan, ikan laga, ikan tarung, ikan kontes, ikan liar, ikan alam.

Asal Ikan Cupang Betta taeniata (Banned Betta)

Asal Ikan Cupang Betta taeniata (Banned Betta) adalah Kalimantan Barat, Indonesia dan Serawak, dan Malaysia (Borneo). Dengan wilayah yang memiliki Iklim Tropis / 23°C – 26°C / pH : 6.5 – 7.8.

Anda pun dapat menemukan Ikan Cupang Taeniata Betta di Asia,

Indonesia: Bataker-Hochland, Sumatra

Indonesia: Kalimantan (Borneo), Pontianak

Indonesia: Kapuas, Kalimantan

Malaysia: Mawai District, Johor

Malaysia: South Tersat

Malaysia: Tingai, Jahore

Singapura: Botanic Garden

Singapura: Mandai Jalan

Thailand: Canal 25 km timur Bangkok, Thailand

Thailand: Nakon Sritamarat, Semenanjung Siam

Viet Nam: Dong Nai.

Ciri Khas Ikan Cupang Betta taeniata (Banned Betta)

Sebagian kepala (bagian bawah kepala) berwarna hijau terang merupakan ciri khas Ikan Cupang Betta taeniata (Banned Betta) dan berkembang biak dengan mouthbrooder.

Hidup di sungai kecil, parit dan air rawa. Lokasi yang tersebar di Asia Tenggara: Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatra dan Kalimantan.

Taeniata Betta laki-laki lebih besar dan berwarna cerah daripada betina, dengan moncong lebih kuat dan bulat. Selama pemijahan, garis-garis membujur tubuh menjadi lebih tajam dan bintik-bintik hijau terang muncul (jika laki-laki menetaskan telur, maka tubuh berwarna coklat). Betta taeniata betina selama musim bertelur berwarna warna coklat muda. Teniata Betta bisa tumbuh hingga 8 cm.

Nomenclature Ikan Cupang Betta taeniata (Banned Betta)

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Class: Actinopterygii

Order: Perciformes

Family: Osphronemidae

Subfamily: Macropodusinae (Hoedeman, 1948)

Genus: Betta (Bleeker, 1850)

Kelompok: B. Picta Complex

Species: B. Taeniata

Nama Binomial: Betta Taeniata (Regan, 1910)