SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

LEMNA/KAYAMBANG/KIAMBANG/DUCKWEED


     Tanaman air terapung ini berukuran kecil. Mereka biasanya tumbuh di danau atau sawah, namun bisa juga berkembang dalam kolam ataupun akuarium. Hanya saja, anda mesti mempertimbangkannya dulu. Sebab tanaman ini cukup sulit dibuang.Tanaman ini bisa menutup permukaan atas. Selain itu, tanaman ini juga bisa menjadi alternatif makanan untuk ikan cupang. Perawatan tanaman ini tidak begitu rumit, sehingga anda tidak perlu khawatir harus menerapkan aturan khusus. 

        Lemna minor, atau dalam masyarakat menyebutnya 'mata lele', 'kayambang', 'kiambang', 'duckweed', adalah sejenis tanaman paku air dari famili Lemnaceae yang hidup di air tawar yang sering dijumpai di sawah. Bagi orang yang tidak tahu, tanaman ini tentu dianggap sangat mengganggu, tapi sebenarnya lemna minor ini memiliki kadar protein yang cukup untuk pakan alternatif unggas maupun ikan, seperti ikan nila dan gurami. Karena ukurannya yang kecil, lemna ini sangat cocok digunakan untuk pakan alternatif bibit ikan nila maupun gurami seukuran kuku jari hingga seukuran korek.

 


 

Lemna memiliki produkivitas yang tinggi, jadi pertumbuhannya sangat cepat, terutama di tempat yang kurang sinar matahari. Jadi lemna akan tumbuh subur di tempat yang dingin, namun pada musim kemarau populasinya dapat menurun, karena tumbuhan ini tidak tahan panas. Suhu yang sesuai untuk pertumbuhan Lemna adalah 18-33 celcius. Untuk daerah yang panas, pohon peneduh/paranet dapat digunakan untuk menstabilkan suhu air kolam

Berdasarkan hasil penelitian Cedergreen dan Madsen, lemna mampu menyerap NH4 dan NO3 melalui bagian akar dan daunnya. Tumbuhan ini efisien dalam penghapusan nitrogen, jadi sangat cocok untuk mengolah air limbah. Yang terpenting bagi para pembudidaya adalah kandungan protein yng tinggi, yaitu mencapai 10-43% dalam berat kering. Lemna yang ditanam di air kaya nutrisi akan memiliki kandungan mineral, kaium, fosfor, dan pigmen yang tinggi. Karena itu, lemna dapat dijadikan sebagai makanan bersuplemen penting bagi ikan maupun unggas.
 



Di Indonesia, lemna minor dapat dijumpai di sawah-sawah ada juga beberapa orang yang membudidayakan tanaman ini. Tanaman ini memiliki fungsi yang serupa dengan Azolla Mychrophylla yang juga dapat digunakan sebagai pakan alternatif ternak, serta kandungan protein yang tinggi. Kelebihan lainnya dari makanan favorit nila ini adalah ketahanan hidup ikan yang baik serta daging ikan lebih banyak dan lebih kesat dengan lemak yang sedikit. Selain itu, ikan yang memakan lemna memiliki bau amis yang menurun.

 


cara membudidayakan Tanaman ini sangat mudah :

  • Siapkan kolam atau wadah tempat untuk menaruh tanaman.
  • Isi air kolam atau wadah yang sudah di siapkan lalu.
  • Beri kotoran ayam secukupnya, dengan cara di tebarkan secara merata dalam kolam atau wadah yang telah di isi dengan air.
  • diamkan selama kurang lebih 2-3 hari.
  • Setelah 2 -3 hari bibit Lemna ditebar dalam kolam atau wadah.
  • Pemeliharaan dilakukan dengan mengganti pupuk yang lama dengan yang baru (dosis ½ dari pupuk awal).
  • Setelah 1 minggu tanaman lemna bisa di panen dengan metode panen setengah atau sebagian.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LEMNA/KAYAMBANG/KIAMBANG/DUCKWEED"

Post a Comment