SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

MANFAAT DAN JENIS TANAMAN MENGAPUNG UNTUK IKAN CUPANG

 MANFAAT TANAMAN MENGAPUNG.

a. Sebagai peneduh -Tanaman ini bisa untuk menghalau cahaya yang hendak tembus menuju akuarium, sehingga ikan betta atau cupang anda bisa terlindungi. Namun tanaman apung yang terlalu padat bisa menekan atau mempengaruhi pertumbuhan tanaman air lainnya.

b. Sebagai aerasi -Untuk memperkaya oksigen, yaitu dengan menambahkan tanaman apung. Tanaman ini bisa menjadi pengatur sistem sirkulasi udara yang di butuhkan oleh ikan cupang.

c. Sebagai pelindung dan penyaring -Tak hanya bisa melindungi daris sinar matahari keberadaan tanaman apung ini juga bisa sebagai penyaring limbah yang ada dalam kolam atau aquarium tempat ikan cupang kita, baik itu limbah kimia mau pun biologi. Tanaman apung juga bisa menjadi tempat berlindung dan bersembunyi para ikan cupang. Selain itu, ikan-ikan juga bisa bermain di area sekitar tanaman.

 d. Sebagai penambah kesan natural -Kolam atau Aquarium yang dihiasi tanaman apung memberi kesan natural. Akuarium tidak hanya tampak indah, namun juga memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Orang-orang yang melihatnya pun akan tertarik dan terbawa rileks.

e. Sebagai makanan alternatif -Ikan yang ada dalam kolam atau aquarium tidak hanya mengandalkan makanan rutin dari anda. Dimana ketika mereka masih lapar setelah di beri makan dan ingin makanan atau camilan lainnya, mereka bisa mengandalkan tanaman apung yang berada di kolam atau di aquarium. Ikan cupang bisa menggigit atau memakannya ketika merasa perlu tambahan nutrisi.

Apa saja kah jenis-jenis tanaman air mengapung?

1. Duckweed/ Kayambang/ Kiambang/ Lemna 



Tanaman air terapung ini berukuran kecil. Mereka biasanya tumbuh di danau atau sawah, namun bisa juga berkembang dalam kolam ataupun akuarium. Hanya saja, anda mesti mempertimbangkannya dulu. Sebab tanaman ini cukup sulit dibuang.Tanaman ini bisa menutup permukaan atas. Selain itu, tanaman ini juga bisa menjadi alternatif makanan untuk ikan cupang. Perawatan tanaman ini tidak begitu rumit, sehingga anda tidak perlu khawatir harus menerapkan aturan khusus.

2. Amazon Frogbit/ Limnobium   



 adalah tanaman air terapung, dan merupakan anggota keluarga Hydrocharitaceae . Nama umum termasuk tanaman spongeplant India Barat, spongeplant Amerika Selatan dan Amazon atau frogbit. Tanaman ini diperkenalkan ke perairan Amerika Utara melalui penggunaan di akuarium dan aquascape .Tanaman apung ini dikenal sebagai penyerap amoniak dalam akuarium atau kolam. Akarnya panjang dan daun-daunnya bisa memblokir cahaya yang hendak menembus ke dalam. Amazon Frogbit tahan terhadap berbagai suhu, sehingga mudah tumbuh. Pemeliharaannya juga tidak begitu sulit.

3. Water Lettuce/ Selada Air



Mirip seperti Amazon Frogbit, tanaman apung ini juga memiliki akar panjang dan tumbuh dengan menawan. Apalagi kalau anda menanamnya dalam akuarium yang lebih besar. Sehingga tampilannya begitu dekoratif. Akan tetapi anda mesti peka pada pertumbuhannya yang sangat cepat. Pastikan anda rajin membersihkan daun-daun yang menguning atau mati.

4. Water Spangles (Salvinia minima)



Tanaman apung ini juga bisa menjadi alternatif yang indah dan tangguh. Apalagi tanaman ini memang lihai beradaptasi di berbagai kondisi. Namun jika anda menginginkan tanaman ini ada di dalam, sebaiknya persiapkan lampung aquarium air secara khusus.

Water Spangles berkontribusi besar untuk menghalau cahaya matahari, sehingga membuat cupang lebih betah dan nyaman. Tanaman ini juga bisa menjadi camilan bergizi, baik bagi ikan herbivora mau pun ominivora. Keutamaan lain dari tanaman yang dalam bahasa sunda disebut roay ini, yaitu bisa memutus laju pertumbuhan ganggang.

5. Salvinia Normal/ Salvinia Biasa



Tanaman mengapung ini tumbuh berkelompok dan biasanya tumbuh dengan baik di air tenang atau tanpa gelombang. Tanaman ini masih termasuk kelompok pakis dan tidak memproduksi bunga. Salvinia umum ini cepat tumbuh. Sehingga dalam kurun waktu sebentar saja, mereka bisa menutup area akuarium.

6. Riccia Fluitans



Tanaman apung ini mirip seperti karpet tikar. Uniknya, mereka tidak memiliki akar dan daun. Namun tanaman ini cocok berada di tengah komunitas ikan cupang. para aquascaper juga kerap menggunakan tanaman ini untuk membuat ulang lumut.

7. Azolla



Tanaman apung selanjutnya kadang disebut sebagai Mosquito Fern alias Pakis Nyamuk. Tanaman ini memang masih termasuk ke dalam golongan pakis. Seperti tanaman apung lainnya, Azolla juga bisa menjadi naungan yang baik bagi ikan. Namun anda mesti merawat dan memangkasnya secara rutin agar permukaan akuarium tetap terkendali. Tanaman ini juga bisa dijadikan pakan ternak ayam

8. Eceng Gondok 



Bagi penggemar cupang tanaman ini sudah tidak asing lagi bayak yang menggunakan tanaman ini untuk ikan cupang mereka, Karena Tanaman ini juga bisa menjadi tempat bernaung, bermain, dan bersarang yang nyaman. Karena mudah tumbuh dan menyebar, eceng gondok kadang dipandang sebagai gulma yang mengusik lingkungan perairan. Namun eceng gondok juga punya andil besar untuk membersihkan polutan logam berat. Jika ditanam dalam akuarium, tanaman ini bisa mendatangkan aura bahagia bagi para ikan. Namun anda mesti memerhatikan baik-baik agar pertumbuhannya yang tidak terkendali tidak sampai mengganggu komunitas akuarium.

 


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT DAN JENIS TANAMAN MENGAPUNG UNTUK IKAN CUPANG"

Post a Comment